Breaking News
Loading...
21/05/14

Info Post
Tips menghilangkan bau kaki,

Tips menghilangkan bau kaki
Mari kita simak artikelnya yang ane kutip dari konsultasisyariah.com
Bau pada kaki (bromodosis) umumnya timbul akibat produksi keringat berlebih pada kaki, yang kemudian diurai oleh bakteri atau jamur sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Sebab lainnya adalah kebersihan dan perawatan kaki yang kurang baik. Individu dengan kelebihan produksi keringat seluruh tubuh (hiperhidrosis) juga cenderung lebih berpeluang mengalami keluhan ini dibanding orang dengan produksi keringat normal. Keringat berlebih yang akhirnya menyebabkan bau pada kaki juga dapat dipicu oleh kondisi berdiri terlalu lama sepanjang hari, stres, dan pada remaja atau wanita hamil akibat produksi hormon yang berlebih.

Beberapa tips ringan yang dapat dilakukan oleh mereka yang mengalami keluhan ini sebelum memeriksakan diri ke dokter antara lain:

Rutin membersihkan kaki dengan sabun, sebaiknya sabun antiseptik (atau sabun antiseptik khusus untuk kaki) setiap harinya. Pembersihan dapat dilakukan beberapa kali, seperti saat pagi hari sebelum beraktivitas, siang, sore, dan malam hari. Pastikan kaki dibersihkan secara menyeluruh, termasuk sela-sela dan buku jari kaki. Setelah mencuci, biarkan kaki benar-benar kering terlebih dahulu baru beraktivitas.

Rutin memotong dan merapikan kuku kaki.
Rutin membersihkan kaki dari kulit mati, seperti sekali atau dua kali setiap bulannya.

Jika mengenakan alas kaki, pilihlah alas kaki yang terbuka menyerap keringat dan gantilah lebih sering (tiap 1 hari) sehingga alas kaki dapat mengering sebelum digunakan kembali. Keluarkan bagian dalam alas kaki sehingga lebih mudah mengering.

Jika harus mengenakan alas kaki yang tertutup (sepatu), pilih yang berbahan kulit dan hindari bahan sintetis. Gantilah alas kaki setiap 1 hari sekali dengan alasan yang sama seperti diatas, dan hindari sepatu yang sempit.

Pilihlah jenis kaos kaki yang menyerap keringat dan gantilah kaos kaki setiap harinya, atau lebih sering jika diperlukan, dan hanya gunakan kaos kaki yang benar-benar sudah kering untuk mencegah timbulnya lingkungan lembab pada kaki yang menyuburkan pertumbuhan pertumbuhan bakteri.

Gunakan produk yang dapat mengurangi produksi keringat berlebih atau pertumbuhan jamur dan bakteri pada kaki, seperti spray antiperspirant atau antifungal. Sebaiknya setelah penggunaan produk, pastikan kaki benar-benar kering sebelum beraktivitas.

Jika setelah melakukan tips-tips ringan diatas, ternyata masalah bau kaki tersebut belum juga mereda, maka kami sarankan Saudara untuk berkonsultasi dengan dokter, seperti dokter spesialis kulit, untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang lebih serius yang menimbulkan bau tersebut.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didu

0 komentar:

Posting Komentar

dari artikel di atas ada yang mau ditanyakan?